Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Beserta Daftar Pustaka

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Beserta Daftar Pustaka - Pengertian Siswa Menurut Para Ahli

Dalam hal ini, siswa adalah bagian penting dalam pendidikan. Mereka dianggap sebagai pelanggan terbaik dan objek utama pendidikan. Parlour hal tersebut, para ahli telah membahas definisi siswa berbagai disiplin ilmu. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian siswa menurut para ahli serta memberikan daftar pustaka referensi.

Pengertian Siswa Menurut Psikologi

Menurut psikologi, siswa adalah individu yang sedang belajar dan menemukan dirinya dalam proses pendidikan. Psikolog Howard Gardner menulis dalam bukunya"Multiple Intelligences" bahwa siswa adalah"seseorang yang sedang belajar dan mengembangkan kemampuannya melalui interaksi dengan lingkungan".(Gardner, 1993) Gardner juga menjelaskan bahwa siswa memiliki kemampuan yang unik dan berbeda-beda seiring pertumbuhannya.

Pengertian Siswa Menurut Pendidikan

Menurut pendidikan, siswa adalah individu yang menjalani pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan efektif adalah proses belajar yang melalui efisiensi, kemampuan, dan motivasi siswa. Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(PST) menulis bahwa siswa adalah"seseorang yang memiliki kebutuhan dan keterbatasan untuk belajar dan berkembang".(PST, 2018)

Pengertian Siswa Menurut Sosiologi

Menurut sosiologi, siswa adalah individu yang terlibat dalam proses sosial dan budaya. Sosiolog Richard Hoggart menulis dalam bukunya"The Uses of Literacy" bahwa siswa adalah"seseorang yang mengembangkan identitas mereka sendiri melalui interaksi dengan budaya dan sosial".(Hoggart, 1957)

Daftar Pustaka

  1. Gardner, H. (1993). Multiple Intelligences: The Theory in Practice. HarperCollins Publishers.
  2. PST (2018). Pedoman Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Depdiknas.
  3. Hoggart, R. (1957). The Uses of Literacy. Routledge & Kegan Paul.

Dalam kesimpulan, pengertian siswa menurut para ahli adalah bahwa siswa adalah individu yang sedang belajar, menemukan dirinya, dan mengembangkan kemampuannya melalui interaksi dengan lingkungan. Mereka memiliki kebutuhan dan keterbatasan untuk belajar dan berkembang, serta terlibat dalam proses sosial dan budaya. Itulah mengapa pentingnya memahami definisi siswa untuk membuat strategi pendidikan yang efektif.