Daftar Pustaka Filsafat Pendidikan
Pengantar
Daftar Pustaka Filsafat Pendidikan - Pendidikan sebagai salah satu prinsipal dasar kehidupan manusia tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, kompetensi, atau keterampilan saja. Namun, juga harus memangkap beberapa hal lain seperti nilai-nilai, sopan santun, dan ke-Islaman serta menghasilkan individu yang berakhlak, berkebudayaan, dan berlahir. Filsafat pendidikan adalah lapangan ilmu yang mempelajari dasar-dasar pendidikan dan cara mengembangkan cara berpikir, wollen, dan perilaku siswa. Berikut adalah beberapa daftar pustaka filsafat pendidikan yang patut diacungi jempol bagaikan:
1. Aliran Filsafat Pendidikan di Indonesia
- fundamentals of Education and Human Rights oleh Baktiadi, Saparin, dan Munandar (2008) - Publikasi ini membahas tentang dasar-dasar pendidikan yang memperhatikan hak asasi manusia dan selanjutnya menawarkan solusi tentang bagaimana pendidikan dapat diintegrasikan dengan kepentingan individu.
- Pendidikan, Islam, dan Nasionalisme oleh Johari, Erfi (2001) - Artikel ini membahas tentang peran Islam dalam pendidikan dan bagaimana nasionalisme dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam.
2. Teori Pendidikan
- Theory of Education oleh Dewey, John (1966) - Publikasi ini membahas tentang pengembangan teori pendidikan yang berfokus pada individualisme, demokrasi, dan kemasyarakatan.
- Teori Konstruktivisme oleh Vygotsky, Lev (1978) - Artikel ini membahas tentang teori konstruktivisme yang menekankan pentingnya interaksi sosial dalam pengembangan kognisi.
3. Kritik dan Refleksi Pendidikan
- Critique of Education oleh Illich, Ivan (1970) - Publikasi ini membahas tentang kritik terhadap sistem pendidikan yang tidak demokratik dan tidak efektif.
- Reflection and Critical Thinking in Education oleh Nunan, David (2013) - Artikel ini membahas tentang pentingnya refleksi dan berpikir kritis dalam proses belajar mengajar.
4. Pendidikan dan Masyarakat
- Education and Society oleh Merton, Robert K. (1968) - Publikasi ini membahas tentang hubungan antara pendidikan dan masyarakat, serta bagaimana pendidikan dapat diintegrasikan dengan kepentingan masyarakat.
- Education and the Public Sphere oleh Carlson, Dennis (2017) - Artikel ini membahas tentang peran pendidikan dalam membentuk public sphere yang berorientasi pada kemasyarakatan.
5. Kurikulum dan Pembelajaran
- Curriculum Theory and Practice oleh Pinar, William F. (2013) - Publikasi ini membahas tentang teori dan praktik kurikulum, serta bagaimana kurikulum dapat diintegrasikan dengan tujuan pendidikan.
- Learning and Teaching in Education oleh Hmelo-Silver, Cindy E. (2004) - Artikel ini membahas tentang teori belajar dan mengajar, serta bagaimana dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Dalam rangka mensinergikan filsafat pendidikan dengan kepentingan masyarakat, perlu diatasi beberapa persoalan seperti kurikulum yang tetap, metode belajar yang tidak berorientasi pada kompetensi, dan profesionalisme guru yang perlu diintegrasikan dengan kepentingan masyarakat. Dengan demikian, perlu diadakan penelitian dan pengembangan teori pendidikan yang berorientasi pada kemasyarakatan dan kepentingan individu.