WFH? Yuk cari tau istilah dalam layanan internet, memilih provider yang tepat sebelum pasang internet

Hai… Lama tidak update.. Kali ini punyaku.web.id akan membahas istilah istilah dalam dunia layanan internet yang kadang tidak semua penyedia jasa ngejelasin apa maksudnya.

Memang agak terlambat sih, tapi untuk sebuah pengetahuan kayaknya g ada kata terlambat..

Di masa pandemi Covid-19 banyak orang terpaksa belajar di rumah, atau bekerja dari rumah. Nah.. mau tidak mau besar kemungkinan akan butuh koneksi internet. Baik itu yang langsung di hape dengan membeli paket internet, atau pasang layanan internet rumahan.

Mulai deh cari cari paket mana yang murah dan kuotanya gede.. atau yang kecepatannya kenceng. Makin cari makin bingung banyak pilihan, banyak istilah, dan lain lain. Ada istilah FUP, ada istilah Unlimited, istilah rasio, QoS (Quality of Service), Up Time, dan sebagainya.

Nah, kali ini punyaku.web.id akan bahas satu per satu. Ini buat pengetahuan buat kamu yang akan memilih paket internet atau yang akan berlangganan internet.

Oke pertama kita mulai dengan istilah FUP yang sering kita baca di deskripsi paket internet selular alias paket data operator hape. Kadang kita temukan “Paket Unlimited” tapi ada keterangan kecil FUP harian bla bla bla.. Perlu kamu tau FUP adalah singkatan Fair Usage Policy atau sering disebut batas pemakaian wajar. Nah ini yang menjadi strategi operator, biar g rugi.. Jadi strateginya kecepatan akan diturunkan ketika mencapai kuota tertentu. Emang sih di sini kamu masih tetap bisa internetan dengan kecepatan yang rendah, walaupun tidak ada pembatasan kuota. Namanya juga operator g mau rugi.

Nah berikutnya Paket Unlimited Sosial Media atau YouTube yang ditawarkan operator, ini strategi lain, tapi kan g mungkin kita hanya akses sosmed dan YouTube aja, suatu ketika pasti juga akan akses aplikasi lain. Nah ibaratnya kebebasan ini adalah pancingan, yang ujungnya sama aja kuota utama juga akan kesedot habis oleh aplikasi lain. Emang sih buat yang hobi YouTube-an cukup menguntungkan.

Berikutnya kita bahas untuk layanan internet rumahan. Pada layanan internet rumahan paket reguler seperti Indi**ome, My Re*****k, M*C, dan sejenisnya menawarkan kecepatan yang fantastis dengan harga 200-400 ribuan per bulan. Namun yang banyak orang tidak tau adalah sebenarnya layanan ini bermain di shared bandwidth atau kecepatan berbagi, artinya kecepatan akan naik turun berdasarkan jumlah pemakai di sekitar kamu. Rasio yang ditawarkan pun rata rata 1:4 artinya perbandingan kecepatan upload dan download adalah 1:4, maksudnya jika kecepatan download adalah 100 Mbps maka kecepatan upload adalah 25 Mbps. Kalau buat streaming YouTube memang lancar, karena lebih banyak proses download daripada uploadnya. Tapi kalau untuk game online tidak disarankan pake rasio 1:4 karena akan sering ngelag (tersendat sendat). Oleh karena itu beberapa penyedia layanan menyediakan paket khusus gaming, dengam rasio 1:2 atau 1:1.

Nah, buat para gamer (yamg suka game online) jangan salah pilih Ya..

Sedangkan QoS adalah kualitas layanan dari koneksi internet, baik itu kualitas jaringan atau sambungan maupun kualitas layanan pelanggan.

Misalnya internet dengan Jaringan Fiber Optic (FO) tentu akan lebih baik dari layanan Wireless.

Istilah yang terakhir adalah up time, yaitu persentase untuk ukuran berapa layanan tersedia dibanding gangguan atau offline yang terjadi. Artinya persentase hidup (on) koneksi internet tersebut. Tentunya semua layanan internet nyaris tidak ada yamg 100%, nyaris tidak mungkin, karena pasti ada suatu ketika off atau putus baik karena perawatan maupun karena gangguan tidak direncanakan.

Oke guys.. saya rasa itu dulu pengetahuan seputar layanan internet yang bisa punyaku.web.id bagi sama kamu.. jangan lupa share ya, biar manfaat..

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *