“Mereka” sebenarnya telah menyediakan fitur keamanan saat yang dibutuhkan (sebuah ilmu tentang keamanan Facebook, e-mail, dsb)

Penyedia jasa jejaring sosial, email, dan akun lainnya pastinya telah memikirkan sisi keamanan dari sebuak akun, baik itu email, facebook atau akun lainnya. Mulai dari security question (pertanyaan keamanan) hingga captcha dan sejenisnya (validasi bahwa anda manusia) seperti gambar/tulisan/informasi yang disamarkan atau lebih dikenal dengan istilah kriptografi.

Untuk akun facebook, jika facebook anda dihack orang, silahkan periksa email anda yang anda gunakan untuk facebook, maka akan terdapat notifikasi (pemberitahuan) jika seseorang (pelaku hacking) mengganti sesuatu di facebook Anda.

Tujuannya tak lain adalah untuk mengamankan akun anda.

Anda mungkin sering menemui hal semacam ini. Anda diminta mengisikan data tanggal lagir, nama ibu kandung, nama binatang peliharaan, kota kelahiran, bahkan mungkin tempat anda bertemu kekasih anda pertama kali. Informasi-informasi tersebut mungkin bagi anda seoalah tidak penting dan anda hanya mengisikannya seenaknya (entah karena malas, atau terburu-buru). Sebenarnya penyedia jasa bermaksud memberi keamanan bagi akun yang anda buat di facebook, email, dan sebagainya.

Informasi-informasi sepele tersebut berguna ketika akun anda dibobol (bahasa kerennya di-hack) orang jail yang iseng atau punya maksud tertentu.

Hal yang sering terjadi lainnya adalah ketika anda lupa kata sandi (password) anda. Informasi-informasi tersebut nantinya digunakan oleh sistem untuk memvalidasi bahwa Andalah pemilik akun yang sesungguhnya. Tak ada seorang pun yang tau anda 100 persen selain Allah. Jadi hanya anda dan Allahlah yang tau tentang rahasia Anda.

Nah jika terjadi, akun anda baik itu email atau facebook atau akun lainnya tak bisa anda gunakan karena dobobol orang atau anda lupa password anda, maka yang harus anda lakukan adalah klik link (tautan) “Lupa Kata Sandi?” atau “Forgot Password” atau kalimat lain yang bermakna sama. Maka sistem akan membimbing anda dengan menanyakan informasi-informasi tentang anda, jika semua pertanyaan-pertanyaan tersebut anda jawab dengan benar (karena itu memang Anda yang tau), makan passord baru akan diberikan kepada anda.

Untuk akun facebook, jika terjadi pada akun facebook anda, (dihack orang) silahkan periksa email anda yang anda gunakan untuk facebook, maka akan terdapat notifikasi (pemberitahuan) jika seseorang (pelaku hacking) mengganti sesuatu di facebook Anda.

Jadi cobalah untuk lebih perhatian terhadap akun-akun anda, dengan mengisikan data dengan semestinya.

Semoga bermanfaat… ^_^

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *