Install dan Troubleshooting Gammu di Windows 7

Dalam artikel ini akan diulas bagaimana cara instalasi aplikasi SMS Gateway menggunakan Gammu di Windows 7 lengkap dengan berbagai permasalahannya.

Asumsi sistem minimumnya adalah sebagai berikut. (bisa berbeda versi)

Berikut ini langkah-langkah Install Gammu di Windows 7

1. Download Gammu versi terbaru

Download Gammu versi terbaru di http://wammu.eu/download/gammu/win32/ – sebaiknya pilih ekstensi .zip untuk memiliki kontrol yang lebih baik terhadap parameter yang akan dimasukkan nanti.

2. Ekstrak di drive lokal komputer

Ekstrak file Gammu-1.33.0-Windows.zip ke drive komputer Anda. Bisa di C:\ atau D:\

kini seharusnya anda memiliki struktur folder seperti dibawah ini:

Gambar Stuktur Folder di drive C:\ pada Windows 7

stuktur-direktori-gammu

3. Catat Port Modem

Setelah ekstrak file Gammu, kini saatnya mencolokkan kabel USB modem ke salah satu port USB di komputer/laptop. Kemudian catat port modem yang dikenali oleh komputer. Untuk mengetahui port modem yang dikenali oleh komputer, lakukan langkah berikut:

  1. Klik tombol Start » klik kanan pada Computer » pilih Properties » klik Device Manager

  1. Klik pada bagian Ports dan lihatlah di port mana modem dikenali oleh Windows 7. Pada gambar diatas modem Wavecom yang kami gunakan dideteksi melalui COM36, berarti port yang digunakan adalah port 36.

4. Import skema database gammu

Berikutnya adalah mengimpor skema database yang nantinya akan digunakan untuk manajemen SMS. Caranya:

  1. Buat database baru menggunakan phpmyadmin, beri nama sesuai keinginan Anda. Contoh kali ini kita beri nama ‘jwm-sms‘.
  2. Import skema database gammu yang diletakkan pada C:\Gammu\share\doc\gammu\examples\sql (ganti drive sesuai lokasi instalasi Gammu yang anda tentukan sebelumnya), pilih file sesuai database server anda mysql, atau pgsql, atau lisql.
  3. Catat nama database ini. Akan kita butuhkan sebentar lagi

5. Edit file konfigurasi Gammu

Ada 2 file yang harus kita edit agar Gammu bisa beroperasi dengan baik:

  • gammurc
  • smsdrc

Kedua file ini bisa anda temukan di C:\Gammu\bin. Gunakan Notepad untuk mengeditnya, jangan gunakan Ms. Word karena mungkin akan merusak formatnya. Rekomendasi kami adalah Notepad++ yang bisa di download di http://notepad-plus-plus.org/download.

Berikut ini contoh setting yang kami lakukan pada file gammurc dan smsdrc:

(Sumber : http://jasawebmedan.net)

6. Testing koneksi dari Gammu ke modem

Dari Command Prompt (Start » Search program and files » ketik cmd, tekan enter) ketikkan:

cd c:\Gammu\bin <enter>
gammu identify <enter>

Akan muncul hasil seperti berikut:


Jika muncul pesan ‘Error opening device, it doesn’t exist.’ artinya file gammurc belum diedit dengan benar. Pastikan port modem yang dikenali oleh komputer telah dimasukkan ke bagian device. Jangan lupa tanda ‘:’ setelah nomor port.

7. Install service gammu di Windows 7

Setelah koneksi antara Gammu dan modem telah terbentuk, saatnya menginstal service Gammu agar berjalan otomatis saat Windows 7 start up. Bagian ini agak tricky karena seringkali walaupun koneksi sudah terjalin tapi gagal saat install servicenya. Penyebab paling umum adalah hak akses yang dibatasi oleh Windows 7 karena Anda tidak login sebagai Administrator. Untuk memastikan agar service bisa diinstall dengan baik lakukan hal berikut:

  1. Start » Search program and files » ketik cmd
  2. Sebelum menekan enter, klik kanan pada icon cmd.exe yang muncul dibagian panel start kemudian pilih Run as administrator
  3. Pastikan anda telah di folder C:\Gammu\bin kemudian ketikkan gammu-smsd -c smsdrc -i
  4. Akan muncul pesan Service GammuSMSD installed sucessfully
  5. Kemudian Start » Search program and files » ketik services, tekan enter
  6. Cari entry dengan nama Gammu SMSD Service (GammuSMSD)
  7. Dobel klik pada entry tersebut kemudian pada Startup type pilih Automatic (Delayed Start)
  8. Klik Start, maka service gammu kini telah terinstal di Windows 7 dan akan berjalan otomatis saat komputer dinyalakan.

Perhatian: Pastikan kabel USB modem yang anda gunakan di colokkan ke port yang sama. Jika menggunakan port USB yang berbeda maka gammu tidak akan mendeteksi modem Anda. Jika Anda memutuskan untuk mengubah port USB yang akan digunakan, terlebih dahulu stop service Gammunya kemudian edit file gammurc dan smsdrc, sesuaikan nomor portnya dengan port yang ditunjukkan oleh komputer / laptop, kemudian simpan perubahan file dan restart service Gammu-nya.

TROUBLESHOOTING (INSTALASI DAN RUNNING SERVICE) GAMMU

Ada pula beberapa masalah yang sampai saat ini belum ketemu penyebab dan solusinya. Oleh karena itu supaya ilmu yang saya miliki tidak hilang seiring dengan bertambahnya usia, dan juga barangkali ilmu yang saya miliki ini bisa bermanfaat untuk orang lain, maka dalam artikel ini saya share beberapa permasalahan di Gammu apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Beberapa permasalahan barangkali sering dijumpai oleh para pengguna Gammu, namun karena masih minimnya referensi di internet maka bisa jadi belum ketemu solusinya. Mudah-mudahan solusi itu ada di sini.

Untuk memudahkan pembahasan, maka permasalahan dan solusi dari troubleshooting Gammu SMS engine ini saya bagi menjadi 2 bagian, yaitu ketika tahap instalasi dan pada tahap penggunaan. Pada bagian ke-1 ini akan saya fokuskan ke permasalahan selama tahap instalasi Gammunya. Insya Allah pada bagian-2 nya nanti akan difokuskan pada penggunaan.

Note: Permasalahan-permasalahan yang saya bahas di sini hanya difokuskan untuk penggunaan Gammu versi 1.25 ke atas, sedangkan untuk versi di bawahnya tidak dibahas di sini, serta Gammu yang digunakan pada platform Windows.

Munculnya pesan “Missing msvcr71.dll”

Pesan tersebut muncul dalam bentuk pop up window. Pesan tersebut seringkali muncul ketika cek koneksi Gammu dengan modem atau ketika mengetikkan command: gammu identify. Apa penyebab munculnya error tersebut? Penyebabnya adalah tidak adanya file library msvcr71.dll bawaan Windowsnya, atau bisa juga file tersebut corrupt. Penyebab hilang atau corruptnya file tersebut bisa jadi karena virus atau terhapus secara tidak sengaja. Bagaimana solusinya? solusi satu-satunya adalah menaruh kembali file msvcr71.dll ke dalam direktori C:/WINDOWS/SYSTEM32 (Jika Anda menggunakan Windows XP atau 7 32 bit), atau C:/WINDOWS/SYSWOW64 jika Anda menggunakan Win 7 64 bit. Anda bisa mengunduh file msvcr71.dll tersebut di URL http://www.4shared.com/file/W94ZJ9vr/msvcr71.html.

Muncul pesan “Error installing gammu service”

Pesan error tersebut muncul sewaktu proses pembuatan atau instalasi service gammunya, atau setelah mengetikkan command: gammu-smsd -c smsdrc -i. Penyebab dari error tersebut adalah pengaruh dari sistem keamanan Windows yang tidak mengijinkan untuk membuat service. Biasanya hal ini terjadi di Windows 7. Solusinya adalah, sebelum menginstall service pastikan Anda sudah menurunkan level UAC (User Account Control) sampai ke level paling bawah. Di manakah pengaturan UAC nya? Untuk mengubah level UAC, silakan masuk ke control panel windows, kemudian pada kotak pencarian ketikkan saja: uac. Kemudian klik pada bagian ‘Change User Account Control Setting’. Setelah itu drag saja panel levelnya sampai pada level paling bawah (never notify). Kemudian restart PC nya. Selanjutnya ulangi lagi proses pembuatan servicenya.

Muncul pesan “The drive cannot find the sector requested.”

Pesan di atas muncul ketika akan menjalankan service gammu yang telah dibuat. Apa penyebab dari error tersebut? Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, antara lain:

  • Ada beberapa struktur tabel database Gammu yang tidak lengkap (belum dibuat), atau ada tabel database yang corrupt atau rusak. Solusi dari penyebab ini adalah melakukan repair tabel dari yang corrupt tersebut (bisa melalui phpMyAdmin), atau jika ternyata ada tabel dari database Gammu yang belum diinstall, maka segera buat tabel yang kurang tersebut.
  • Adanya ketidaksesuaian nama database yang disetting di file SMSDRC nya dengan nama database MySQL atau database lain yang sudah dibuat. Solusinya pastikan nama database di file SMSDRC sama dengan database yang sudah Anda buat tempat Anda membuat tabel-tabel Gammu nya. Jika ternyata memang nama database yang di SMSDRC salah, maka hapus terlebih dahulu service Gammu yang sudah dibuat, kemudian buat lagi servicenya.
  • Username dan password koneksi ke database Gammu yang sudah disetting di file SMSDRC tidak sesuai atau salah. Solusinya pastikan username dan password koneksi ke database Gammunya benar. Jika ternyata username dan password di SMSDRC ini salah, maka hapus dahulu service gammu nya dan lakukan instalasi service ulang.

Struktur tabel database Gammu yang sudah dibuat berasal dari versi Gammu yang berbeda dengan Gammu yang sedang digunakan. Sebagai contoh misalkan Anda menggunakan Gammu versi X, tapi struktur tabel databasenya mengambil dari Gammu versi Y. Solusinya, pastikan struktur tabel database Gammu yang akan Anda buat berasal dari versi Gammu yang Anda gunakan. (Sumber : http://blog.rosihanari.net)

 

Pin It

4 thoughts on “Install dan Troubleshooting Gammu di Windows 7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *