Gitar dan Arsitekturnya

Gitar, adalah instrumen musik yang umum digunakan baik itu pemusik solo, band, atau orkestra. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai lead atau pengiring dalam suatu komposisi musik, selain piano atau keyboard. Harganya juga relatif murah dibanding dengan instrument seperti piano untuk mendapatkan sebuah melodi yang apik nan harmonis.

Menurut situs ensiklopedia online wikipedia.org, Gitar bisa dibangun untuk memenuhi tuntutan pemain dengan tangan kiri dan pemain dengan tangan kanan. Secara tradisional tangan yang dominan diberikan tugas pemetikan atau strumming senar. Bagi kebanyakan orang ini memerlukan penggunaan tangan kanan. Hal ini karena ekspresi musik (dinamika, ekspresi nada, warna, dll) sangat ditentukan oleh tangan memetik, sementara tangan kanan diberikan tugas mekanis lebih rendah dari menekan dan mencengkeram string.

Beberapa pemain memilih instrumen (cermin) kidal, meskipun beberapa bermain dengan cara standar tangan kanan, yang lain memainkan gitar tangan kanan standar terbalik, dan yang lain (misalnya Jimi Hendrix) memainkan gitar tangan kanan dengan dibalik posisinya. Konfigurasi terakhir ini berbeda dari gitar kidal, benar bahwa pelana biasanya miring sedemikian rupa sehingga string (senar) bass yang sedikit lebih panjang daripada senar treble untuk meningkatkan intonasi. Membalikkan string sehingga membalikkan orientasi relatif dari sadel (intonasi negatif yang mempengaruhi), meskipun dalam kasus Hendrix ini diyakini telah menjadi elemen penting dalam suara yang unik.

Namun tahukah Anda tentang bagian-bagian dari gitar tersebut?. Gitar setiap baginnya memiliki nama tersendiri seperti pada gambar berikut.

Acoustic Guitar PartsElectric Guitar parts

  1. Headstock
  2. Nut
  3. Machine heads (or pegheads, tuning keys, tuning machines, tuners)
  4. Frets
  5. Truss rod
  6. Inlays
  7. Neck
  8. Heel (acoustic)–Neckjoint (electric)
  9. Body
  10. Pickups
  11. Electronics
  12. Bridge
  13. Pickguard
  14. Back
  15. Soundboard (top)
  16. Body sides (ribs)
  17. Sound hole, with Rosette inlay
  18. Strings
  19. Saddle
  20. Fretboard (or Fingerboard)

Sumber : wikipedia.org

Pin It

2 thoughts on “Gitar dan Arsitekturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *