• Call: +62 8999 40 8999
  • Mail:info@cerdas.co.id

Enkripsi MD5 dan pengujian integritas data



MD5 adalah …. (pengertian MD5)

Dalam Kriptografi (ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita), MD5 yang merupakan singkatan dari Message-Digest algortihm 5, adalah fungsi hash (prosedur terdefinisi atau fungsi matematika yang mengubah variabel dari suatu data yang berukuran besar menjadi lebih sederhana) kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. MD5 dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi keamanan, dan umumnya digunakan untuk meguji integritas sebuah file.

Algoritma MD5Hash-hash MD5 sepanjang 128-bit (16-byte), yang dikenal juga sebagai ringkasan pesan, secara tipikal ditampilkan dalam bilangan heksadesimal 32-digit. Berikut ini merupakan contoh pesan ASCII sepanjang 43-byte sebagai masukan dan hash MD5 terkait:

MD5(“The quick brown fox jumps over the lazy dog”) = 9e107d9d372bb6826bd81d3542a419d6

Bahkan perubahan yang kecil pada pesan akan (dengan probabilitas lebih) menghasilkan hash yang benar-benar berbeda, misalnya pada kata “dog”, huruf d diganti menjadi c:

MD5(“The quick brown fox jumps over the lazy cog”) = 1055d3e698d289f2af8663725127bd4b

Hash dari panjang-nol ialah:

MD5(“”) = d41d8cd98f00b204e9800998ecf8427e

Sajian lengkap mengenai algoritma enkripsi MD5 dapat Anda simak di sini http://id.wikipedia.org/wiki/MD5

sumber : id.wikipedia.org

MD5 Tool (MD5 Converter)

Untuk melakukan konversi secara instan, telah banyak disediakan tool-tool di internet baik berupa aplikasi dekstop, maupun aplikasi berbasis web, untuk melakukan konversi dari plain (teks terang) ke enkripsi MD5 maupun sebaliknya (atau lebih dikenal dengan istilah MD5 Reverse). Seperti halnya dari situs http://md5.gromweb.com dan beberapa situs serupa.

MD5 Checksum

MD5 Checksum Verifier SoftwareSedangkan untuk aplikasi pengujian integritas sebuah file atau lebih dikenal dengan istilah MD5 Checksum, dapat menggunakan aplikasi desktop atau aplikasi berbasis web MD5 Checksum seperti “MD5 Checksum Verifier” (dapat diunduh di sini) dan sebagainya. Software semacam ini akan menghasilkan kode MD5 dari file yang diuji integritasnya. Selanjutnya kode MD5 ini akan digunakan untuk menguji apakah file tersebut memiliki integritas ataukah tidak. Artinya jika file akan diberikan atau dikirimkan atau diunduh, si penerima dapat mencocokkan dengan yang diterima apakah ukuran, struktur, dan jenis file sesuai dengan yang diberikan oleh si pembuat file. Contohnya jika Anda men-download sebuah file, kemudian diberikan juga kode MD5 Checksum-nya, jika diperiksa (divalidasi) dengan tool seperti MD5 Checksum Verifier, dinyatakan valid atau sama dengan file yang diuji, maka dikatakan file tersebut tak mengalami perubahan dari pengirim hingga ke tangan Anda. (perubahan bisa terjadi karena virus dan sebagainya)

Pengujian semacam ini ditujukan untuk memastikan suatu file tidak disisipi atau corrupt (hilangnya sebagian) atau mungkin terinveksi, baik itu karena virus, malware, atau injeksi software berbahaya lainnya.



2 Responses to Enkripsi MD5 dan pengujian integritas data

  1. makasiiihh…
    bisa bantu skripsiku pak..

  2. makasih mas, ada software untuk deskripsi md5 gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WIll Hill BookiesW.BetRoll here...
Ladbrokes Review L.BetRoll
BetFair F.BetRoll UK Bookies