Anda pengguna WhatsApp? Waspada terhadap Modus Penipuan ini.

WhatsApp kini makin banyak digunakan khalayak untuk berkomunukasi dengan teman, kerabat, kolega maupun untuk membuka komunikasi. Posisinya nyaris menggantikan SMS, bahkan ada sebagian orang yang lebih suka menggunakan WhatsApp (WA) dibandingkan dengan SMS. Fitur WA yang mampu menghubungkan pengguna hanya dengan nomor handphone ini menjadi salah satu kemudahannya. Namun kemudahan inilah yang juga menjadi bahaya.

Satu kelemahan dari WA ini adalah nomor yang tidak kita simpanpun tetap akan ditampilkan foto profilnya, ketika kita berkomunikasi dengan nomor tersebut (membalas pesan). Kelemahan inilah yang dimanfaatkan pelaku tindak kejahatan penipuan. Modus penipuan sering digunakan dengan WA biasanya seperti ini. Pelaku biasanya menggunakan foto teman kita yang diperolehnya dari facebook atau grup, atau foto profil kita di akun jejaring sosial milik teman kita. Pelaku menggunakan foto tersebut sebagai foto profil nomor yang tidak dikenal. Alhasil ketika kita menerima pesan dari nomor tidak dikenal dengan foto profil teman kita atau sodara kita, kita mungkin akan percaya kalau itu adalah teman atau saudara kita, sekalipun nomor WA tesebut tidak tersimpan di kontak telepon kita. Pelaku hanya cukup bilang ke kita kalau dia “ganti nomor”. Padahal WhatsApp punya mekanisme sendiri bila pengguna menggunakan nomor baru (ganti nomor) melalui menu Setting >> Account >> Change Number.


Disini pelaku akan meminta bantuan dana atau menawarkan lelang mobil (pernah terjadi), atau modus lainya yang intinya meminta kita untuk mengirim dana ke pelaku.
Kesimpulannya, kita harus hati hati dan waspada terhadap modus penipuan menggunakan WA ini. Tidak ada salahnya kita menghubungi nomor teman kita yang sudah tersimpan di kontak lebih dahulu untuk memastikan bahwa teman atau kolega kita benar benar berganti nomor. Atau cari tau melalui media sosial lain tentang dia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan kita senantiasa dilindungi dari orang orang yang berbuat jahat. Amin.

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *