4 Langkah Mudah Membuat Blog di WordPress

Membuat blog itu bukanlah hal yang sulit. Hanya membutuhkan 4 langkah sederhana. Dalam tulisan ini akan dijelaskan langkah membuat blog gratis dengan wordpress Indonesia melalui http://id.wordpress.com. Berikut langkah langkahnya.

Langkah ke 1

Buka alamat http://id.wordpress.com, nantinya akan tampil seperti gambar berikut. Kemudian klik tombol Daftar Sekarang.

Langkah ke 2

Kemudian masukkan nama blog yang Anda inginkan. Jika tersedia dan dapat anda miliki, maka akan ada tanda cek warna hijau. Jika tak tersedia (sudah ada orang lain yang menggunakan) maka akan muncul tanda x warna merah. Masukkan nama pengguna (yang nantinya digunakan untuk login dan melakukan pengaturan, membuat artikel baru, membuat halaman baru, serta setting lainnya di wordpress.com)

Lengkapi semua isian yang diminta. Untuk password (kata sandi) berikan kata sandi yang cukup rumit, misalnya kombinasi huruf dan angka, kapital dan huruf kecil. Setelah itu klik SIGN UP.

Langkah ke 3

Langkah berikutnya adalah Anda harus memeriksa email Anda (yang Anda masukkan pada Langkah ke 2 tadi), kemudian periksa apakah ada email dari wordpres dengan subjek email [WordPress.com] Activate http://nama_blog_anda.wordpress.com/ (nama blog anda), jika ada buka email dengan subjek tersebut. Sambil menunggu, isikan Nama Depan Anda dan Nama Belakang Anda, kemudian tentang diri Anda, dan tekan tombol Simpan Profil

Isi email tersebut kurang lebih akan seperti ini,

Howdy,

Thank you for signing up with WordPress.com.

You are one step away from blogging at

namablogkamu.wordpress.com.

Please click this link to activate your blog:

http://signup.wordpress.com/activate/9898sd7676ferr77638ccd1

–The WordPress.com Team

(If clicking the link in this message does not work, copy and paste it into the address bar of your browser.)

Nah, Anda tinggal klik link aktivasi di email Anda, dan anda akan diarahkan ke halaman wordpress yang menyatakan blog anda telah diaktifkan. Jika link tersebut tidak berhasil, cukup salin dan tempel di bar alamat browser Anda.

Langkah ke 4

Setelah blog Anda diaktifkan silahkan login ke blog Anda melalui http://wordpress.com hingga nantinya akan tampil halaman seperti ini.

Klik menu My Account >> General Dashboard untuk mengakses halaman Dashboard Anda. Di halaman Dashboard ini Anda bisa mulai menulis artikel Anda, dan melakukan pengaturan tampilan dan sebagainya. Dashboard Anda akan seperti ini.

Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Dashboard:

Menu beberapa fitur yang sering dipakai seperti post, page, comment, akismet (peralatan/tool yang digunakan untuk menyaring komentar) dan jalan pintas lainnya.

Post :

Menu ini digunakan untuk melihat artikel atau Post (yang telah ditulis), kemudian menulis artikel baru dengan sub menu Add New. Menambahkan kategori dan Tag Post

Media:

Menu ini digunakan untuk pengelolaan gambar, video, atau media lainnya

Links:

Menu ini digunakan untuk pengaturan dan pengelolaan tautan atau hyperlink

Page:

Menu ini digunakan untuk membuat halaman yang sifatnya lebih statis atau jarang diupdate atau yang sifatnya berlaku seterusnya seperti halaman biodata dan sebagainya.

Comment:

Menu ini digunakan untuk melihat komentar, memoderasi atau mengatur komentar (hapus, balas, dan maemasukkan ke dalam spam/komentar sampah)

Ratings dan Polls:

Digunakan untuk pengelolaan peringkat dan polling

Appearance:

Untuk pengaturan tampilan dan tata letak

User:

Untuk pengaturan pengguna, leveling keamanan, dan hak akses.

Tools:

Untuk pengelolaan peralatan blog

Setting:

Untuk pengaturan-pengaturan sistem pada blog Anda

Nah itulah 4 langkah mudah untuk membuat blog Gratis di WordPress.com

SELAMAT MENCOBA!…

“Orang yang melakukan kesalahan itu lebih baik daripada orang yang tidak pernah berani untuk mencoba melakukan hal yang baik”

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *